Minggu, Mei 11, 2008

Dan bab itu tertutup sudah...

Sore ini gw baru balik dari Surabaya. Sesuatu yang harusnya gw lakukan berminggu-minggu yg lalu.
Ya, ya.. sebenernya urusan gw ga murni di Surabaya sih...
Masih perlu satu jam ke arah utara lagi untuk pergi ke kota dimana gw melewatkan setaun penuh di 2007, dan 2 bulan lebih 2 minggu di 2008.
He..he.. detil banget yaa, tapi sumpah, gw bener-bener menghitung hari di sana.
Dan ke Lamongan lah, tepatnya dimana gw melewatkan sebagian wiken gw.
Sebenernya ga sesuai schedule yg gw bikin sih, acaranya...
Secara empat hari sebelumnya, gw bener-bener capek abis pendidikan di Kemang.
Yang biasanya pulang pergi ga pake usaha banget, sekarang kudu diniatin jalan dulu sampe halte busway di Benhil, naek busway sampe Blok M, dan dilanjutin naek Kopaja yg ngelewatin Kemang...
Duuuh.... salut sama semua warga Jakarta yg menjalani hari-harinya seperti itu...
Rencana awal gw, begitu nyampe Pasar Turi Jum'at paginya, mari menghabiskan hari dengan tidur kebo di hotel...
Tapi, gw lupa satu fakta penting.
Peserta tur kali ini bukan cuma gw, tapi ibu-ibu yang berambisi penuh untuk menemukan cetakan roti jala di Surabaya, even it will take a whole day!
Okay.
Males ribut, gw cuma manggut-manggut dan tiba-tiba sudah berada di jalan tol Surabaya-Gresik sejam kemudian.
Berada di jalan itu aja serasa membuka kembali kenangan beberapa bulan yang lalu.
Walaupun nyokap dan tante gw sibuk ngebahas banyaknya truk yg lewat di jalan itu dan judul daerah yg aneh2, pikiran gw ga disana. Gw berasa flash back...
Kebayang lagi saat-saat gw dengan muka cemberut di Minggu sore berada di bis antar kota Surabaya-Semarang yg membawa balik gw ke Lamongan. Saat gw sport jantung gara2 telat janjian sama orang Kanwil di Surabaya. Saat gw ngakak2 desperado sama AO's Lamongan kalo lagi ada perlu di Surabaya. Saat gw berdoa dengan khusuk sepanjang jalan biar ga papasan ma mobil kliring saat gw kabur ke bandara...
Gw speechless.
Dan tidak berubah pula, masih butuh satu jam perjalanan untuk nyampe ke sana.
Sempet panik pas ngelewatin rumah mantan nasabah gede yg tokonya tutup di siang bolong gitu.
Mati aku, masa begitu gw keluar semua nasabah gw nunggak siiih?
Dan baru inget, itu hari Jum'at, dimana rata2 toko2 di Lamongan pada tutup...
Nyampe kos, langsung pusing liat kamar kotor banget sejak ditinggal 2 bulan yg lalu.
Duuh, barangnya masih banyak lagi...
Salut banget deh sama ibu2 itu yg berhasil menyelesaikan agenda pindahan itu dalam waktu 5 jam!
Sambil nunggu semua (di)beres(in), iseng mampir ke kantor lama.
Langsung disambut dengan senyum hangatnya Pak Suhafik Satpam (duh, orang itu ramah bangeet), yg langsung nyalamin aku dan ngebukain pintu masuk.
Walau aku secara struktural udah ga menjadi bagian gedung itu lagi, masih berasa kantor sendiri. Tapi, ga tau deh, aneeeh... banget rasanya.
Absen nomer 7 udah diganti ma nama Pak Sugeng. Mejaku udah ditimbuni berkas punya Pak Yopi. Cangkir kopiku di pantry udah ga ada lagi.
Tapi overall, semua masih keliatan sama.
Temen2 di Operasional langsung menyambut dengan isu bonus dan naik gaji (hmmm, bener gak siih?), Pak Kadar masih suka ngomel (dan kemaren masih bersungut-sungut masalah LAS), Mas Daus masih menyambut dengan becanda garing dengan muka datar.
Gila, gw pernah berada disana!
Iseng juga ngintip beberapa ruangan 'bersejarah'.
Jendela di pantry tempat aku menenangkan diri tiap kali masalah target disinggung.
Ruang Pinca yg berasa ruangan sendiri gara2 keseringan keluar masuk.
Hall lantai 2 tempat aku sering ngintip nasabah sambil berharap ada Fedy Nuril nyasar.
Gila, gw pernah berada disana!
Hmm, tapi semua saat itu adalah saat paling berat hingga 25 tahun hidup gw...
Bukan, sama sekali bukan salah kotanya...
Bukan juga salah orang2nya yg selalu tersenyum ma gw.
It's all about me.
Gw yg biasanya berada di zona aman, serasa dipaksa buat survive disana. Dengan kondisi yg belum pernah gw hadapi, sendirian.
Berada di kota baru, menemui orang2 baru, belajar hal2 yg baru, sebetulnya juga bukan barang baru buat gw. Secara Lamongan adalah kota ketujuh yg gw tinggalin dalam sejarah hidup gw.
Tapi entah, rasanya kok beraaat bgt waktu berada disana.
Mungkin juga karena main jobnya bukan pilihan gw banget, belum ekspektasi orang yg kelewat sadis ke gw.
Tapi gw akuin, gw banyak dapet pelajaran disana.
Dapet rejeki juga, he..he..
Tapi, apapun yang pernah terjadi pada gw di kota itu, finally, semua sudah berakhir...
Dan kini, bab tentang gw dan Lamongan, sudah tertutup...

Tidak ada komentar: