Minggu, Mei 25, 2008

Wiken Kali Ini..

Wiken kali ini judulnya mengenang.

Tumben banget emang lagi gak pengen kemana-mana, padahal pundi" lagi penuh (^_^)v
Maklum tangal 25, heu..heu..
Sebenernya sih rada serem juga kalo mau keluar, takut rame" aja abis Pemerintah naikin BBM (lagi) per tanggal 24 kemaren. Jujur gw juga berat dengan kenaikan BBM ini yang pastinya bawa dampak segalanya pada latah ikutan melambung, tapi kalo sampe ribut", enggak lah...
Jadilah gw seharian membongkar arsip" lama di laptop gw, sampai akhirnya ketemu catatan harian gw, waktu di Semarang, Lamongan sampai terakhir waktu mau pindahan ke Jakarta.

Hmm, ternyata setelah dibaca" lagi, pada situasi dan waktu yg berbeda tentunya, hidup gw tuh seru juga ya waktu di Lamongan..

Catetan gw di bulan Januari penuh dengan penyesalan dan air mata kenapa gw harus berada di kota yang bahkan gak punya KFC itu..*drama queen, oh drama queen...*

Bulan Februari mulai ribut" sama mantan yg tak terbiasa long distance (secara waktu di Semarang dulu satu kos). Di kantor meskipun bete, lagi berusaha membaca situasi dan peta kekuatan demi kenyamanan hidup *halaaah...*

Pertama kali dapet stok beras dari nasabah bulan Maret. Sempat mau mempersembahkan ke Mama tercinta, tapi setelah disimpen beberapa minggu malah bulukan...
Akhirnya jatah beras dan hasil bumi lainnya dari nasabah jatuh ke ibu kos dan Mbak Ngat, asisten rumah tangga gw (serius, gw bener" nge-hire asisten rumah tangga, padahal status gw anak kos!)

April-Mei-Juni, bulan"nya mengukuhkan posisi di kantor. Hampir tiap minggu tetep ada aja malam" berlinangan air mata kalo udah kangen banget ma rumah. Bulan Juni, cuti gw langsung habis tak bersisa
Ups, bulan Juni akhirnya putus juga ma si mantan...

Bulan Juli-Agustus-September, sudah mulai jadi AO jagoan...
Nyetir sendiri di jalur pantura yang dipadati truk, menyeberangi sungai demi ngeliat agunan nasabah, menerjang hujan badai di akhir bulan kala nagih bunga...
Tiap wiken gila"an sama Billy, Ali dan Ulfa demi menjaga kesehatan mental. Karaoke, bowling, ngopi" jadi kerjaan rutin. Kalo lagi ga ngumpul, langsung maen pulang aja ke rumah di Banjarmasin, atau ngajakin Pak Hamid, Manajer Bisnis Mikro yang juga berstatus perantauan di Lamongan yg kejam, untuk sekedar maen bilyar di Malang...
Parah.
Tapi hebatnya AO, dengan gaya hidup hedon gitu, tabungan gw masih utuh" aja, dan masih bisa nombokin nasabah" yang kepepet...

Bulan Oktober-November-Desember, kepepet target menengah yang baru turun di akhir Q3.
Kelimpungan ngejar nasabah 23 M (yang akhirnya lepas juga) sambil tetep berusaha khusuk ngejalanin puasa yang terasa paling berat selama 25 tahun hidup gw.
Eh, gw juga sempet dapet arisan Iwabri di bulan November lhooo... Lumayan 900 ribu perak.
Akhir tahun mulai ngerasa ada sesuatu yang gak beres dengan kejiwaan kalo harus bertahan hidup di sana, dan dengan gagah berani kembali menyerbu ruangan Pinca demi selembar surat rekomendasi mutasi. Sempet juga ngerencanain dengan matangnya liburan di Bali sama manusia"gila itu di akhir tahun, yang langsung terhempas kembali begitu surat Kanpus yang bilang akhir tahun ga da libur dateng...

Haaah, setahun catetan hidup gw di tahun 2007, bener" mampu membuat gw ngakak, tapi tiba" sedih juga kalo inget masa" itu.

Gw inget, betapa speechless-nya gw waktu ada nasabah gw yang bela"in dateng nemuin gw sambil bawa Jenang cuma buat berterima kasih suplesinya gw ajuin, jadi dia bisa beli gabah lebih banyak dan usahanya lebih maju.
Gw inget waktu gw mati"an nahan emosi gw waktu pembagian target. Dengan label "grade 7" di jidat gw, semua AO nuntut gw dikasih target double, walau mereka tau gw orang baru dan ga bisa marketing. Waktu itu gw langsung lari ke toilet dan nagis" bombay sampe mata gw bengkak dan bikin para AO merasa bersalah. He..he..
Gw ngerasa bodoh banget, waktu berada di tengah" sawah dalam rangka ninjau agunan, dengan setelan The Executive gw, lengkap dengan sepatu Charles&Keith dengan hak 5 cm dan nenteng" tas Nine West.
*Man, gw lebih pantes business meeting dengan klien gw kalo gw ada di Jakarta..!!*
Gw ngerasa mau terjun bebas waktu berubah jadi Dewi Yull, pas lagi nemenin Pinca gw karaoke dan dipaksa berduet nyanyi lagunya Broery-Dewi Yull yg Biarkan Ku Pergi itu...

Well, masa" itu udah berlalu sekarang.
Memang, itu masa" yang berasa paling berat dalam hidup gw.
Tapi gw yakin, Tuhan tega membiarkan gw berada di masa itu untuk suatu alasan, yang gw yakin, untuk kebaikan gw.

Gw juga bersyukur, hidup gw lumayan dinamis. Gak semua orang dikasih Tuhan kesempatan buat ngejalanin hidup sendiri di 5 kota dalam kurun waktu 8 tahun.
Gw inget, dulu pernah ngobrol sama tukang sate langganan gw di Alun" Lamongan. Iseng gw nanya, dia udah berapa lama jualan sate gini. Dan dengan polosnya dia bilang, sejak SD dia udah nemenin ortunya keliling Lamongan jualan sate, sampe akhirnya punya gerobak sendiri 10 tahun yg lalu. Haaah, kebayang gak nyaris 30 tahun kerjaannya cuma ngipas" sate?!!
Ternyata, gw sangat beruntung, sodara"!!

Dari tiap kota yg gw tinggali, setiap kota punya cerita.
Setiap kota membawa sahabat" baru dalam hidup gw.
Di setiap kota juga gw belajar banyak hal baru. Baik hal" yang benar" baru buat gw, maupun cuma me-refresh kembali pelajaran yang kadang gw lupain, yaitu gimana cara bersyukur.

Tuhan, terima kasih untuk anugerah hidup dari-Mu :)


Tidak ada komentar: