Selasa, Mei 20, 2008

Tentang Pilihan

Kemaren gw ketemuan ma anak2 di Plangi. Acaranya perpisahan Jati.
Hmm, udah lama emang ga ketemu Jati, begitu ketemu, acaranya perpisahan dia...
Sebelum berita keluarnya Jati dari BRI resmi beredar, emang sebelumnya udah sempet kedengeran juga selentingannya dikit-dikit. Gosipnya sih alesannya ga jauh-jauh dari masalah salary. Gw belum confirm juga ke orangnya, tapi kalo diliat dari posisi dia di Pertamina (yang katanya lagi..), wajar aja kalo dia mutusin buat pindah. Gila, gaji segitu mah di BRI kurang lebih MP cabang kelas I. Artinya kalo kita mau dapet segitu di BRI harus nunggu, let's say..4-5 tahun lagi kalo lancar...

Jujur gw emang ga gitu deket ma Jati, sempet sebel juga lagi ma dia waktu jaman pendidikan di Pusdik dulu. He..he.. wajarlah, kan ga semua orang kudu cocok ma kita. Beda aja ngobrolnya..
Tapi kehilangan salah satu bagian dari angkatan gw berasa juga. Dan gw ga merasa sedang berbasa-basi saat bilang, "Sukses ya disana, Ti.. Jangan lupain gw.."

Waktu gw cerita masalah Jati ini ke 'Dia', 'Dia' sempet nanya juga, seandainya gw juga punya pilihan kaya Jati, mungkin gak gw milih untuk keluar dari BRI...
Gw sempet diem juga ditanya gitu, mikir, sebelum akhirnya bilang, "Kayanya, aku dah cinta mati ma BRI...".
Gw bukannya mau jadi penjilat bos" gw di BRI sono, gw juga bukannya merasa under qualified sehingga menganggap tidak ada company lain yg mau nerima gw.
Alasannya sooo... simple.

Cuma BRI yang rasanya mampu membuat orang tua gw bangga ma gw.

Rasanya masih kebayang banget di benak gw, waktu nyokap gw nungguin gw belajar buat psikotes di BRI. Padahal waktu itu gw jelas" udah diterima di dua program ODP bank swasta lain. Bokap-nyokap gw juga dengan keukeuhnya nganterin gw waktu tes kesehatan di Jakarta, padahal waktu gw tes di tempat lain, di Jakarta, Surabaya, Balikpapan, mereka pada santai...
Hingga akhirnya gw dapet surat yang ngasih tau gw resmi keterima di PPS BRI.
Bokap gw, di tengah meeting-nya langsung sujud syukur.
Nyokap gw juga langsung nyiapin barang" gw yang harus dibawa selama pendidikan dulu, dan nganterin gw dengan mata berkaca" sampai batas yang ditoleransi ma Satpam BRI.
Mereka juga berbondong" memindahkan rekening mereka di Bank lain dan pada buka rekening di BRI. Padahal pengalaman gw waktu jadi trainee di PPE Bank Niaga, boro" buka rekening, ngebedain Niaga sama NISP aja nyokap gw ga bisa...

Kenangan" itulah yang membuat gw, akan selalu mengatakan "Tidak" kalau ada yang menawarkan kepada gw pilihan lain.
Gw juga ga akan menyangkal, pernah juga gw mikir banget untuk keluar dari BRI. Ya waktu jaman"nya gw di Lamongan itu...
Tapi, sekali lagi, kenangan" itu kembali menahan gw.

Hidup ternyata adalah benar" tentang pilihan, ya?
Jati memilih keluar.
Gw, walaupun tidak sedang berada dalam pilihan lain, akan selalu memilih berada di sini.
Dan apapun pilihan itu, pasti ada alasan, secemen apapun.
Sebodo teuing orang mau bilang apa, yang mampu memahami alesan itu cuma kita, karena kita yang menjalaninya. Bukan orang lain.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Tinggal aku yang belum buka rekening disana...

Unknown mengatakan...

Mbk minta tolong info proses rekrutmen di BRI yah,,,, boleh khan... sekalian salary-nya

Trims..