Minggu, Juli 20, 2008

(Niatnya) Wiken Ngirit


Terdorong oleh kenaikan gaji yang tidak setara dengan tingginya inflasi, kenaikan BBM yang perlahan tapi pasti bakal mengimbas ke semua sektor, serta kehausan akan hiburan di tiap wiken, gw mengajukan proposal wiken ngirit ke Mu'in dan Dayu. Soalnya, walaupun males, dengan berat hati gw harus mengakui, hidup hedon di Jakarta dengan kantong Junior Staff SANGAT TIDAK MUNGKIN dilakukan. Itung aja, kos udah 1,5 juta sendiri. Anggap ongkos idup per hari dipukul rata 50 ribu/hari, kaliin 30 udah 1,5 juta lagi. Belum ongkos buat krim-krim dengan janji-janji surga bikin muka kinclong, ngirim duit buat orang rumah, rinso-pepsodent-baygon dan sebagainya, conello atau jus buah yang jadi temen jalan pulang tiap sore, ongkos ngopi-ngopi cantik kalo ketemu temen lama, beli tabloid gossip tiap minggu, dan tentunya, tourney di mall tiap weekend...AAARGHH, GIMANA JAKARTA GAK BIKIN ORANG JADI MISKIIIINN!!!
Bayangin kehidupan gw waktu jadi staff di Lamongan. Gaji segitu, ditambah tunjangan sebagai AO, digunakan untuk hidup di kota yang kosnya paling mahal aja cuma 250 ribu perak, makan sekali cuma 6000 perak (sering ditraktir pula), mau beli apa-apa ga bakal bisa soalnya jauh dari mana-mana. Mau nonton juga cuma bisa pas weekend, itu juga kalo Ali sama Billy lagi available buat diajak hang out. Gimana waktu itu gw ga jadi lajang kaya jaya?!!
Kembali ke proposal gw, dengan mata berbinar-binar dan semangat juang tinggi demi mengembalikan saldo tabungan gw ke batas aman, gw mengutarakan betapa indahnya melewati hari di...museum.
Bayangin, berapa sih ongkos masuk museum? Paling banyak seperlimanya nonton di Blitz Megaplex kan? Dengan ongkos segitu, kita bisa menikmati beragamnya budaya bangsa, memperluas cakrawala ilmu pengetahuan kita, mengenang jasa-jasa pendahulu kita, ga bakal kepanasan lagi...Belum lagi kalo jalan di museum kayanya ga bakal boleh dilakukan sambil ngemil popcorn dan cola, tuuuh...ngiritnya tambah pol kaaan??
Untuk menghargai semangat gw, Dayu dengan baik hati mencarikan info beberapa museum lewat navigator di HPnya. Tapi tiap kali gw tertarik dan nanya beberapa lokasi museum yang dia sebutin dimana, dengan polosnya dia cuma bisa jawab, 'Ga tau, Ta...'.
Well, paling gak usahanya cukup bikin gw terharu laaah...
Dan sebagai langkah awal menjalani wiken ngirit, kita sepakat buat melewatkan wiken ini di pameran. Tapi mungkin pamerannya jenis apa, itu yang belum kita sepakati. Sebagai anak yang kurang apdet di event-event yang suka diadain di Jakarta, gw manggut-manggut aja diajakin naik taksi ke JCC. Dan sudah sangat terlambat untuk menyadari bahwa pameran yang akan kita datangi adalah...Indonesia Motor Show 2008 (atau apalah, gw ga ada interest sama sekali buat mengingatnya dengan baik). Ongkos masuk aja udah 30 ribu sendiri (yang artinya lebih mahal dati nonton di Blitz dengan Kartu Kredit BRI). Jadilah dengan muka penuh ancaman, gw sama Dayu cuma bisa melototin Muin, si pelontar ide sambil bilang,'Pokoknya awas aja kalo kamu ga beli apapun disini...'. Keadaan di dalem pameran juga ga merubah pendapat gw.
Sempet ga enak juga sama Mu'in, soalnya dengan nada yang rada-rada kedengeran bersalah, waktu liat gw nguap untuk kesekian kalinya, dia sempet nanya, 'Ga cocok ya Ta, pamerannya?'. Sok diplomatis gw cuma jawab, 'Bukan dunia aku aja, kali In..'.
Tapi kembali pengen nonjok dia waktu gw ma Dayu udah mau pingsan kelaperan, dengan keukeuhnya dia masih pengen nyari Ferrari. Haaah, who's care?!!
Rute selanjutnya hari itu adalah ngeliat apa yang gw denger di radio tadi pagi sebagai Design Expo di Senayan City. Sempet bengong begitu nyampe di TKP, karena yang ada adalah apa yang Dayu sebut bukan DESIGN expo, tapi GRAPHIC design expo. Well, pendengaran orang yang baru bangun tidur dan sama sekali buta tentang seni dan desain emang seharusnya ga usah terlalu diperhatikan, kali ya?
Tapi apapun yang dipamerin disana, walaupun sedikit gw masih lebih bisa menikmati lah...Temanya sih, mamerin senyum orang Indonesia dalam bentuk animasi 3D gitu, yang katanya susah banget ditemukan sekarang. Well, terserah lah...yang jelas, gw juga jadi ikutan tersenyum sambil memperhatikan berbagai deskripsi di tiap animasi.
Wiken hari ini ditutup dengan makan nasi goreng di pinggir Jalan Sabang. Suatu bentuk perwujudan wiken ngirit setelah siangnya kita makan Pizza Hut. Waktu pulang, sempet liat satu keluarga pemulung yang nidurin anaknya di emperan jalan. Dayu yang juga liat, sempet nyeletuk, 'Kasian ya?'. Gw mengiyakan, karena gw yakin hidup mereka ga jauh berbeda dari kisah pemulung yang anaknya meninggal karena kedinginan dan kelaperan karena hidup gak layak dan tinggal di gerobak yang dia bawa kemana-mana, yang pernah gw baca di koran. Abis itu sambil jalan, gw cuma diem, karena sadar gw ga melakukan apapun buat keluarga pemulung itu. Parfum baru yang tadi gw beli di Plaza Senayan rasanya tambah memberati bawaan gw, karena harga sebotol parfum gak penting itu mungkin bisa dipake buat ngasih makan pemulung dan keluarganya itu selama dua minggu di Jakarta yang kejam ini.
Aaah, mungkin si penggagas design expo (atau GRAPHICS design expo?) benar juga, semakin sulit menemukan senyum di wajah orang Indonesia...

Tidak ada komentar: